Kulit Wajah Kering

Jenis kulit kering terjadi bila kelenjar minyak tidak cukup memproduksi minyak untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit kering bisa disebabkan oleh faktor keturunan, usia dan iklim. Iklim yang kering dapat mengurangi produksi kelenjar minyak, sebaliknya iklim yang panas dapat meningkatkan proudksi kelenajr minyak. Jenis kulit ini mudah sekali terlihat bersisik dan menyerpih.

Kadar air pada kulit kering sangat sedikit. Ukuran pori-porinya kecil. Kulit terlihat kusam, layu dan keriput. Orang yang memiliki kulit wajah kering seringkali tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Selain itu kulit akan tampak bersisik dan terasa gatal.

Untuk wajah dengan jenis kulit kering, sebaiknya gunakan pembersih wajah dalam bentuk lotion. Bubuhkan moisturizer pada saat kulit masih dalam keadaan lembbap, karena dapat membantu moisturizer untuk mengikat air. Lebih baik gunakan pelembap dalam bentuk krim dari pada lotion. Agar wajah tetap awet muda, gunakan krim malam (night cream) sebelum tidur.

Ada beberapa perawatan untuk mengatasi kulit wajah yang kering dengan menggunakan bahan alami, seperti :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun bermanfaat unutk menghaluskan dan melembapkan permukaan kulit tanpa menyumbat pori. Minyak zaitun berkhasiat sebagai pelembap untuk kulit wajah yang kering serta berkhasiat untuk menghaluskan dan menyegarkan kulit wajah. Minyak zaitun merupakan pelembap yang baik untuk melembapkan kulti wajah dan tubuh Anda. Selain itu, minyak zaitun bermanfaat untuk melepaskan lapisan sel-sel kulit mati.

Tips perawatan kulit dengan minyak zaitun :
- Masker untuk mengatasi kulit kering dan kasar. Siapkan minyak czaitun secukupnya, lalu campur dengan sebutir kuning telur yang telah dikocok dan beberapa tetes air jeruk lemon. Bersihkan kulit wajah, lalu oleskan masker pada bagian wajah dan leher (hindari daerah sekitar mata). Diamkan selama beberapa menit hingga mengering, lalu bersihkan wajah dengan air dingin.

2. Minyak mawar

Minyak mawar sangat cocok untuk merawat kulit menjadi halus dan mengembalikan kontur wajah normal.minyak cendana berfungsi sebagai pelembut pori-pori permukaan kulit. Saat minyak essensial telah meresap ke dalam pori-pori kulit dan terbawa aliran darah, maka khasiatnya sebagai emolien (penghalus kulit) pun dapat terasa. Selain itu, minyak cendana dapat pula menyeimbangkan kulit kering dan berminyak sehingga dikenal sebagai wonderful balancing oil.

1. Siapkan wadah bersih untuk membuat campuran formula losion wajah
2. Larutkan 2,5 sendok makan butter cokelat atau bahan emolien alami yang netral dalam 7,5 ml air mawar. Bubuhkan masing-masing 20 tetes minyak cendana dan 2 tetes minyak mawar. Aduk sampai merata.
3. Tempatkan campuran lotion tersebut ke dalam botol berwarna gelap yang telah disterilkan.
4. Gunakan lotion ini dua kali sehari yaitu saat pagi sebelum memakai tata rias dan saat malam sebelum tidur sebagai lotion malam. Losion ini dapat mengatasi masalah kulit kering dan dapat menghilangkan garis-garis kerutan di bawah kelopak mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>