Perawatan Kulit Kering

Perawatan Kulit Kering – Kulit yang sifatnya kering butuh ekstra perhatian, apalagi kulit kering lebih rentan pada kerutan. Untuk mengatasi kulit kering tentunya membutuhkan perawatan terutama pelembab yang memiliki kandungan vitamin dan mositurizer yang mampu melindungi dan memberikan kelembapan pada kulit sepanjang hari dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kulit kering akibat berkurangnya aktivitas kelenjar minyak (sebum) di dalam jaringan dalam kulit. Kulit disebut kering kalau terasa keras, ada serpihan dan mudah terkelupas. Beberapa orang mudah mudah mengalami kekeringan kulit akibat usia tua, deterjen, penyakit kronis, kebanyakan menggunakan sabun antiseptik dan terpajan sinar matahari. Lingkungan yang kering seperti ruang ber AC dan dalam kabin pesawat menyebabkan kulit kehilangan cairan.

Perawatan Kulit Kering

Perawatan Kulit Kering

Untuk mengatasi kulit kering, kulit harus dirawat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, cukup vitamin dan mineral. Hindari penyebab dan gunakan pelembap secara teratur. Dalam perawatan kulit kering sehari-hari, sebaiknya difokuskan pada mempertahankan kelembapan kulit dan mempertahankan keseiembangan kelenjar minyak pada kulit wajah. Untuk itu, pelembap atau kosmetika yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit kering. Sebaiknya dihindari pemakaian pelembap yang mengandung alkohol dan deterjen.

Perawatan kulit kering agar wajah kelihatan bersih, setiap pagi dan malam hari dibersihkan dari segala kotoran, bekas tata rias untuk kaum wanita atau sisa serpihan kulit, menggunakan pembersih pH untuk kulit kering agar tidak terjadi iritasi. Pembersih yang mengandung minyak zaitun sangat dianjurkan. Setelah kulit bersih, gunakan penyegar yang mengandung bahan aktif untuk merangsang sel-sel baru. Penyegar berahan mawar efektif untuk menyegarkan, melembapkan dan menghilangkan ketegangan kulit.

Mengatasi kulit kering untuk malam hari, oleskan pembersih dan penyegar anti kerut. Terbaik adalah krim yang mengandung minyak bulus untuk membuang sel kulit mati dan merangsang sel baru. Seminggu sekali boleh menggunakan masker yang terbuat dari protein dan mineral berbahan minyak, seperti minyak zaitun yang banyak mengandung vitamin A.

Berikut ada beberapa perawatan kulit kering secara alami agar kulit tetep sehat dan mulus :

  1. Mengatasi kulit kering dengan membersihkan wajah menggunakan busa pembersih yang lebut. Janga menggunakan sabun karena sabun bersifat kering dan mengikis minyak alami yang ada pada wajah. Ini bisa membaut wajah jadi semakin kering.
  2. Gunakan pelembab wajah yang khusus untuk jenis kulit kering setiap pagi. Aplikasikan dengan gerakan memutar mulai dari bagian dagu menuju bagian dhi. Jangan terlalu menekan atau mearik wajah.Mengatasi kulit kering dengan mencoba pakai krim malam sebelum tidur. Sebaiknya pilih krim malam yang mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pasti kulit akab terlihat semakin cerah dan berseri.
  3. Konsumsi cukup vitamin C, karena vitamin C juga punya peranan dalam melawan kerutan.

Cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan menggunakan masker. Masker yang cocok untuk kulit kering salah satunya adalah masker stroberi. Masker stroberi bisa dibuat dengan cara lima puluh gram stroberi yang dicampurkan dengan menggunakan 1 sendok makan havermut, dan kemudian diblender sampai merata. Setelah itu dioleskan dengan masker ke seluruh wajah dan leher dengan menggunakan pemijata yang ringan. Biarkan sampai kering, dan setelah itu dibilas dengan menggunakan air hangat. Masker ini merupakan salah satu jenis masker alami yang cocok untuk membantu mengatasi kulit kering.

Pembuatan masker alami untuk mengatasi kulit kering dengan menggunakan bahan wortel bisa dilakukan dengan cara yang lain. Cara membuat masker wortel dengan cara yang lainnya adalah hancurkan buah stroberi secukupnya kemudian dicampur dengan 1 sendok makan susu, dan aduklah sampai merata. Ramuan ini sangat cocok digunakan sebagai scrub alami dan bisa juga dipakai dengan cara dioleskan ke bagian wajah. Kemudian biarkanlah selama beberapa jam, dan setelah itu dibilas dengan menggunakan air hangat.

Masker kulit wajah yang lainnya yang bisa dipakai untuk membantu mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan minyak chamomile, minyak chamomile ini merupakan minyam orang Yunani Kuno yang sangat berguna untuk membantu menghilangkan kulit kusam pada wajah dan bisa membantu untuk mencerahkan wajah. Kandungan asam lemak yang ada di dalamnya bisa membantu untuk melindungi wajah dari terjadinya infeksi yang disebabkan oleh sinar matahari. Kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak chamomile juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain dengan menggunakan tanaman alami, tanaman herbal lainnya yang bisa membantu untuk melembapkan wajah adalah dengan menggunakan minuman alami. Teh hijau merupakan salah satub minuman sehat dan alami yang bisa membantu meningkatkan kelembapan dalam kulit. Kandungan yang ada di dalam teh hijau misalnya seperti polifenol, tannin, flouride yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kulit kering sehingga bisa membantu untuk melembabkan wajah.

 Perawatan Kulit Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>